Oleh Oleh Khas Jawa Tengah Terpopuler

//Oleh Oleh Khas Jawa Tengah Terpopuler

Berbagai banyak alasan kenapa anda harus mengunjungi Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Semarang adalah kota terbesar urutan kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Kota Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia dan merupakan kota paling berkembang di Pulau Jawa dengan

Salah satu dari kebanggaan sejarah di provinsi Jawa Tengah ini adalah Candi Borobudur, yakni monumen Buddha terbesar di dunia. Selain itu Candi Prambanan di Klaten, ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Kemudian di kawasan Dieng terdapat kelompok candi-candi Hindu yang sangat mengagumkan. Dan begitu banyak candi-candi yang lain untuk dikunjungi di sana.

Daftar Oleh – Oleh Khas Jawa Tengah

Di  kota Semarang banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang populer ialah Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT. Namun tempat yang sangat bersejarah adalah wisata lawang sewu yang telah mendunia. Banyak sisi mistisnya dari bangunan tersebut karena dulunya lawang sewu difungsikan sebagai penjara.

Berbicara mengenai wisata di Jawa tengah tentu saja tidak luput dengan diimbangi dengan kuliner khas Jawa Tengah. Ada bebagai macam kuliner yang tentunya ingin anda cicipi. Pada umumnya kuliner khas semarang merupakan makanan yang sangat alami. Hal itu dikarenakan wilayah disana banyak penduduk yang memproduksi dan mengolah hasil pertanian mereka.

Di Jawa Tengah selain memiliki Banyak obyek Wisata, juga mempunyai banyak kuliner yang enak dan  menggiurkan. Semarang juga terdapat banyak oleh-oleh Khas Semarang yang membuat anda teringat-ingat tentang Kota Lumpia ini.  Untuk bisa memperoleh oleh-oleh khas dikota tersebut anda bisa mengunjungi banyak toko disana. Kemudian di toko oleh-oleh tersebut akan memberikan anda banyak aneka pilihan buah tangan yang anda inginkan.

Di Kota Semarang juga banyak didapati para pelancong atau wisatawan baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Pastinya mereka yang melancong mencari oleh-oleh khas Semarang untuk dibawa pulang.

Oleh – Oleh Khas Jawa Tengah Terpopuler

Berikut ini kami akan menyuguhkan berbagai macam oleh-oleh khas Jawa Tengah yang sangat populer dan biasa diburu wisatawan.

  1. Wingko Babat

wingko babat

Wingko babat merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa Tengah. Makanan ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Di Jawa Tengah Wingko biasanya berbentuk bundar dan lunak semacam dodol namun ada campuran parutan kelapa. Wingko biasanya dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula pasir dan kelapa menjadikan kue ini manis dan nikmat.

  1. Bandeng Presto

bandeng presto

Ikan bandeng diolah dari tambak bandeng. Ikan bandeng yang masih segar diolah dengan bumbu-bumbu dapur tradisional yang segar dan juga tanpa bahan pengawet atau pewarna buatan. Rasa bandengnya gurih dan bebas dari bau tanah. Bandeng Presto ini  biasanyan sudah disertai dengan sambal olahan  yang sudah matang. Rasa ikan bandeng selain gurih juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi

  1. Jenang Kudus

jenang kudus

Makanan Jenang Kudus merupakan makanan sejenis dodol yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Jenang Kudus merupakan asli oleh- oleh khas dari Kudus. Jenang kudus ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil kemudian dibungkus dengan aluminium foil lalu dimasukkan ke dalam kemasan dus.

  1. Manisan Carica Sumbing

manisan carica sumbing

Oleh-oleh khas Jawa Tengah ini berasal dari daerah Dieng. Buah ini Sejenis dengan pepaya yang banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng. Warga setempat sekitar biasanya menyebut buah ini dengan “Gandul Dieng”. Tentu karena bentuknya yang menyerupai dengan buah pepaya hanya saja ukuranya yang lebih kecil.

Rasa buah ini agak masam seperti nanas dan sedikit kenyal. Carica sumbing  merupakan produk manisan khas Dieng,Wonosobo, Jawa Tengah. Memiliki bau dan rasa khas dan unik.

Kandungan vitamin dan serat alaminya sangat bagus dan bermanfaat bagi tubuh antara lain:

  • Zat anti kanker
  • Mampu memecah serat makanan sisa dan memudahkan BAB
  • Penghambat pembentukan violaksantin empedu (sifat asam)
  • Mengatasi sakit nyeri pada punggung
  • Mengandung Kalium dan Magnesium yang dibutuhkan tubuh.
  1. Intip Solo

intip solo

Intip merupakan kerak nasi yang dijemur sampai kering kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Setelah itu intip dibungkus dengan tambahan garam atau gula merah. Intip Solo ini biasanya memiliki banyak rasa, di antaranya manis, asin, gurih, gula jawa. Intip ini sangat alami dan tanpa MSG.

  1. Lumpia Semarang

lumpia semarang

Tidak asing lagi makanan oleh-oleh khas Semarang ini karena sangat familiar dan mudah membuatnya.Tidaklah sulit mendapatkan lumpia sebagai oleh-oleh. Anda bisa menemukan lumpia di seluruh penjuru Kota Semarang. Sebaiknya Anda membeli langsung dari tempat aslinya di mana resep lumpia diciptakan. Lumpia ini biasanya dikemas dalam besek atau kotak yang terbuat dari bambu.

  1. Roti Ganjel Rel

roti ganjel rel

Terdengar namanya sangat aneh, namun roti ini merupakan jajanan oleh-oleh khas Jawa Tengah. Meski namanya aneh tapi roti ini memiliki rasa khas yang istimewa. Roti  ini terbuat dari tepung tapioka, yang dicampur dengan santan, dan kayu manis yang digunakan untuk penambah aroma sedap. Untuk menambah keindahan tampilan roti ini, biasanya ditambah dengan taburan wijen diatasnya.

Tekstur roti yang keras dan warnanya yang coklat membuat warga setempat menyamakannya dengan bantalan rel kereta api. Jadi, Anda tahu sekarang dari mana nama roti ini berasal. Menurut para ahli kesehatan membuktikan bahwa tekstur yang keras  pada roti ini membuat roti ganjel rel baik untuk kesehatan.

  1. Kue Mochi

kue mochi

Kue mochi yang dikenal pada umumnya berasal dari negeri seberang, ternyata menjadi oleh-oleh khas Semarang. Mochi terbuat dari tepung adonan tepung ketan di dalamnya berisi kacang tanah yang dicincang dan dicampur gula merah. Bentuknya yang bulat kecil-kecil dan kenyal dengan taburan wijen tentunya sangat menggoda jika dilihat. Kue mochi dibuat tanpa bahan pengawet dan tahan sampai 7 hari.

  1. Kaos Costa Brava van Java

caosta brave

Anda mungkin masih asing dengan nama kaos yang satu ini,  namun kaos ini merupakan buatan asli dari  anak Semarang. Costa Brave merupakan sebuah kota pantai cantik yang berada di Eropa. Diberi nama demikian karena penjajah yang menjajah di kota Semarang dulunya dari kota tersebut.

Kaos Costa Brava van Java mempunyai ciri desain yang unik dan terbaru buatan anak muda Semarang. Beberapa desain tersebut diantaranya gambar Simpang Lima dan Lawang Sewu. Selain kaos.

  1. Batik Semarangan

Batik semarang

Semarang memiliki batik khas yang cukup unik dan menarik. Batik semarang memiliki motif berbeda dari batik lainnya. Batik semarang khas oleh-oleh Jawatengah ini memiliki motif berbeda dari batik lainnya. Motif batik yang diambil merupakan gambaran dari landmark. Yang sangat khas dengan kotakota, misalnya Gereja Blenduk, Lawang Sewu dan Tugu Muda.

Banyak buah tangan dari Jawa Tengah yang terkenal dan wajib anda bawa pulang ke kota asal anda. Maka dari itu supaya anda tidak salah pilih Oleh-oleh, kami telah memberi gambaran tentang bernbagai macam  oleh-oleh khas Semarang.

2017-11-18T02:08:21+00:00 Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment