Top 5 Minuman Paling Populer Di Indonesia

//Top 5 Minuman Paling Populer Di Indonesia

Indonesia memiliki olahan khas baik makanan maupun minuman yang sudah diproses dengan sempurna untuk menciptakan karya rasa unik. Apakah anda pernah mencoba minuman paling populer di Indonesia? Rugi jika anda tidak mengetahui minuman paling segar dan cita rasanya yang dapat membuat anda nambah lagi.

Tidak hanya menyegarkan, minuman khas Indonesia ini juga dapat menambah kesehatan anda. Bahan dasar dari pembuatan minuman juga sangat diperhitungkan. Harus digaris bawahi bahwa tidak semua minuan khas Indonesia dicampur dengan santan untuk menambah kelezatannya.

Daftar Minuman Paling Populer Di Indonesia

Penasaran bukan minuman apa saja yang paling populer dan siapa tahu anda berminat untuk menjadikan lading bisnis. Berikut ini adalah top 5 minuman lokal asli yang patut dicoba.

  1. Bir Pletok

bir pletok

Anda sudah tahu Beer Pletok? Minuman bersal dari etnik betawi sangat baik untuk kesehatan. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah pilihan dan semua rempah-rempah tersebut tumbuh di Indonesia. Namanya saja yang bir, sebenarnya minuman ini tidak mengandung alkohol. Bir pletok berwarna coklat kemerah-merahan sangat menyegarkan.

Selain menyegarkan minuman ini dapat menghangatkan tubuh. Anda bisa menyajikan minuman ini dengan menambahkan es batu kedalamnya ataupun bisa juga panas. Asal usul bir ini diketahui dari orang betawi asli yang bergaul dengan orang Belanda. Sehingga mempunyai ide untuk mencampurkan  kapulaga, sereh, kayu manis, kayu seceng dan gula menjadi seperti minuman bir.

Rasanya memang khas perpaduan pedas dan manis. Bau rempah-rampahnya tidak akan mengganggu anda, karena sudah diracik dengan takaran yang pas. Jika anda berkunjung ke Jakarta, bir pletok dijual dalam bentuk sirup.

  1. Minuman Lahang

minuman lahang

Namanya saja sudah sangat lokal apalagi rasanya. Lahang merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang sudah ada sejak masa penjajahan. Hanya saja pada zaman penjajahan, Lahang sulit dibuat, tetapi pohonnya bisa ditemukan di hutan. Minuman ini terbuat dari nira dan tidak sembarangan untuk mengonsumsinya.

Hasil sadapan phon aren menghsilkan minuman segar dan manis. Minuman ini sebenarnya diambil dari buah aren bukan pohon. Petani akan berangkat lebih pagi untuk menyedot buah aren ke dalam penyulingan bambu yang sudah dimodifikasi. Pohon aren berumur 5 tahun adalah pohon yang paling baik untuk menghasilkan minuan Lahang yang berkualitas. Menurut pengalaman petani, minuman ini luamayan sulit untuk diambil sarinya.

Dikarenakan oleh ujuk yang melekat pada tongkol bunga jantan harus sering dibersihkan. Selain bagian tongkol, pelepahnya juga harus dibersihkan agar tidak ada serbuk yang masuk ke dalam penyaringan. Minuman ini tidak boleh dikonsumsi jika anda biarkan terlalu lama dan tidak segera diminum.

Konon minuman ini akan berubah menjadi cuka atau tuak. Minuman Lahang juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan Ph berkisar 8 hingga 9 mempunyai nilai kandungan Sukrosa, Abu, Protein, Asam Ascorbik, serat, dan asam amino.

Khasiat minuman ini yaitu dpat mengobati sembelit, sakit perut, demam dan juga menggendutkan badan. Ternyata minuman ini juga dapat melancarkan asi bagi anda yang baru saja melahirkan. Dengan mengonsumsi minuman ini, anda dapat menjaga kesehatan tulang dari Osteoporosis.

  1. Sekoteng

sekoteng

Salah satu minuman paling populer di Indonesia yaitu Sekoteng. Minuman asli Jawa Tengah ini sangat identik dengan bau jahe, apalagi menikmatinya pada saat malam hari. Sensasi pedas dari jahe dan gula aren sangat pas untuk udara malam yang dingin. Jika anda sedang berkunjung ke Jawa Tengah, maka anda akan menemukan beberapa pedagang kaki lima. Yang disana mereka berjualan bebas di pusat keramaian seperti alun-alun kota.

Minuman sekoteng banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh, salah satunya menyembuhkan masuk angin dan pusing ringan. Jika anda baru saja sampai di Jawa Tengah, recommended sekoteng di alun-alun kota Jawa tengah wajib anda coba.

Dengan mengeluarkan Rp 10.000 saja, anda sudah bisa merasakan kenikmatan minuman dari jahe yang dicampur dengan roti, kolag-kaling dan kacang. Saat ini belum ada yang menjual sekoteng di dalam kemasan. Barangkali anda siap menemukan ide cemerlang untuk berinovasi. Tidak ada salahanya bukan? Tidak menutup kemungkinan inovasi di masa depan yaitu memproduksi sekoteng berubah wujud menjadi minuman kemasan.

  1. Limun Sarsaparilla

Limun Sarsaparilla

Limun Sarsaparilla adalah limun bersoda khas Yogyakarta. Sudah ada sejak tahun 1950-an, Sarsaparilla sekarang sudah diproduksi kedalam kemasan botol maupun kaleng. Disebut juga sebagai cola Jawa, minuan ini berwarna ungu kecoklatan. Di Yogyakarta sangat menjadi minuman terfavorit di restoran besar ternama.

Harga minuan ini dahulu sangat mahal dan hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan Yogyakarta. Sensasinya yang aduhai membuat lidah anda ingin meyeruputnya lagi. Direkomendasikan untuk segera mengirupnya setelah dikeluarkan dari lemari pendingin.

Rasakan sensasinya yang bersoda dapat menghilangkan rasa kembung atu masuk angin. Aroma minuman ini sekilas seperti jamu hanya saja ditambahkan soda untuk meningkatkan sensasinya. Rasanya manis-manis sedang akan menyebabkan efek manis dilidah dan anda pasti bersendawa setelah mengonsumsinya.

  1. Carica

minuman paling populer di Indonesia

Carica adalah minuman khas beasal dari Wonosobo tepatnya di Dieng. Minuman buah Carica menjadi oeh-oleh khas Wonosobo. Banyak sekali kandungan vitamin di dalam buah Carica. Vitamin A pada buah Carica lebih tinggi daripada buah wortel. Mengandung vitamin C dan E yang tinggi buah Carica sangat efektif untuk menangkal radikal bebas. Dan sinar UV yang dapat merusak kulit dan selain vitamin C dan E, buah Carica juga mengandung vitamin B.

Seperti yang kita ketahui fungsi vitamin B sangat penting untuk tubuh. Yakni dapat menambah sumber enrgi dan penting untuk proses metabolisme tubuh. Jika tidak ada minuman penambah energy, anda bisa mengggantinya dengan membuat minuman sederhana dari buah Carica di rumah.

Zat agrini didalam buah Carica dapat mengahambat pertumbuhan sel kanker dan gangguna kesehatan lainnya (susah BAB). Buah ini memeiliki serat yang tinggi dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi kapan saja.

Asyik bukan saat bersantai-santai bersama teman, keluarga sambil menikmati minuman paling popuer di Indonesia. Tidak mengenal musim hujan maupun panas, buah Carica sangat pas menemani anda. Minuman segar khas Wonosobo sangat recommended rasanya agak asam dan manis. Ada banyak sekali minuman khas Indonesia yang sudah diolah menjadi produk unggulan di setiap daerah.

Minuman kemasan seperti Carica juga banyak dijumpai di Supermarket. Selain rasanya yang khas minuman produk lokal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. dapat dibeli di website kami via online. Produk terbesar olahan Carica bisa anda dapatkan langsung dari Oafinndo. Kami merupakan prodosen Carica Sumbing khas Dieng Wonosobo. Jika anda berminta, anda bisa mengunjungi kami langsung ke Wonosobo. Dapatkan penawaran terbaik dari Carica kualitas lokal asli Wonosobo. Anda juga bisa menikamti langsung kesegaran buah Carica. Olahan Carica yang menjadi khas objek wisata Dieng Wonosobo dapat dipesan sekarang juga baik dalam partai besar maupun kecil.

2017-10-04T03:40:07+00:00 Info Bisnis|0 Comments

Leave A Comment