Produk Unik Khas Daerah Wonosobo yang Terjamin

//Produk Unik Khas Daerah Wonosobo yang Terjamin

Siapakah yang belum pernah berkunjung ke dataran tinggi Dieng? Atau belum pernah datang ke salah satu kota di dekat dataran tinggi Dieng? Ada yang tahu kira – kira kota manakah itu? Yap, benar sekali, kota wonosobo. Kira – kira apa sih yang ada di benak kebanyakan orang saat mendengar kata Wonosobo? Dingin? Mie ongklok? Mendoan? Carica?

Oke, kita tidak akan membahas tentang dingin, mie ongklok ataupun mendoan khas kota Wonosobo. Tapi kita akan membahas mengenai carica Wonosobo. Apa sih carica itu? Carica sebenarnya merupakan suatu jenis buah yang masih tergolong dalam keluarga papaya. Tanaman carica ini hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng saja lho. Dan salah satu kota di sekitar dataran tinggi Dieng yang menjadikan buah carica ini sebagai icon adalah kota Wonosobo.

Pemerintah kota Wonosobo setempat meyakini bahwa buah carica ini mampu membuat kota Wonosobo semakin terkenal. Semakin mempunyai ciri khas, apalagi buah carica tidak tumbuh di kota – kota lainnya. Sehingga saat orang mendengar kata Wonosobo, dengan otomatis buah carica lah yang ada di benaknya.

Buah carica ini memang banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Tanaman buah carica ini akan banyak anda temui di tepi – tepi perkebunan masyarakat. Dan anda pun juga tidak akan kesulitan mencari buah carica sebagai oleh – oleh. Karena banyak pusat oleh – oleh yang menyediakan berbagai macam olahan carica sebagai oleh – oleh.

Asal – Usul Carica Wonosobo

asal usul carica wonosobo

Buah carica yang satu ini memiliki nama latin yaitu vasconcella cundinamarcensis. Biasanya tanaman ini tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 1500 sampai 3000 diatas permukaan laut. Banyak mitos tersebar pada masyarakat bahwa buah carica ini hanya dapat tumbuh di dataran tinggi Dieng. Sudah banyak petani yang mencoba menanamnya pada daerah lain. namun, hasilnya bukanlah buah carica yang didapatkan namun justru buah papaya.

Buah carica ini ternyata asalnya dari luar negri lho. Tanaman carica ini asalnya dari dataran tinggi Andes, di Amerika Selatan. Dan biasanya masyarakat Wonosobo sering menyebutnya dengan sebutan carica, karika, pepaya gunung, pepaya carica, dan lain sebagainya.

Anehnya ada pula yang menyebutnya sebagai buah dewa. Konon katanya menurut mitos yang banyak beredar di masyarakat sekitar bahwa dewa sangat menyukai buah carica ini. Dewa itu adalah dewa yang menduduki kawasan Dieng pada zaman dahulu. Buah carica ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Anda juga akan menemukan buah yang mirip dengan buah carica ini di Bali. Yang sering di sebut dengan gadang memedi oleh masyarakat Bali.

Ciri – Ciri Buah Carica Wonosobo

ciri - ciri buah carica

Buah carica yang merupakan suatu icon bagi kota Wonosobo. Tentunya memiliki ciri – ciri khusus, dan berikut merupakan beberapa ciri dari buah carica. Mulai dari tanamannya sampai buahnya,

  • Pohon Buah Carica

Sekilas memang pohon buah carica ini sangatlah mirip dengan pohon papaya. Banyak masyarakat yang mengira bahwa pohon carica ini adalah pohon papaya saat melihatnya. Namun ternyata saat berbuah, yang muncul adalah buah carica. Memang benar bahwa tanaman carica masih satu keluarga dengan tanaman papaya. Itu alasan mengapa keduanya sangatlah mirip. Namun, pohon buah carica biasanya dapat tumbuh hingga ketinggian 2 sampai 3 meter.

  • Buah Carica

Meskipun masih satu keluarga dengan papaya, namun buah carica memiliki perbedaan dengan buah papaya. Buah carica biasanya bergelombang dan ukurannya lebih kecil dari pada buah papaya. Buah carica ini memiliki diameter antara 3 sampai 6 cm saja. Tekstur dari buah carica juga lebih keras dari pada buah papaya yang sudah matang. Biasanya buah carica yang masih mentah akan berwarna hijau, dan akan berubah menjadi kekuningan saat sudah matang.

  • Rasa dari Buah Carica

Buah carica ini memiliki rasa pahit saat masih mentah. Dan berasa sedikit manis dan asam saat sudah memasuki masa kematangan. Rasa asam ini biasanya di akibatkan karena biji dari buah carica. Namun, anda harus tetap berhati – hati saat memotong buah carica. Karena buah carica ini memiliki getah yang cukup berbahaya dan dapat mengiritasi kulit anda. untuk itulah harus segera dicuci atau harus segera mendapatkan perlakuan awal yang tepat.

  • Kandungan Buah Carica

Buah carica sendiri memiliki banyak kandungan vitamin. Seperti vitamin A, B, C dan E. Buah carica juga mengandung banyak serat, kalsium dan juga zat agrinin sebagai penangkal tumbuhnya sel kanker. Serta masih banyak lagi kandungan yang ada dalam buah kaya manfaat ini.

Olahan Khas dari Buah Carica

olahan khas dari buah carica

Saat anda berkunjung ke kota Wonosobo atau ke dataran tinggi Dieng. Memang akan banyak ditemui buah carica. Namun, buah ini tidak dapat dikonsumsi secara langsung, karena kandungan getah yang cukup berbahaya. Sehingga untuk dapat menikmatinya harus di olah terlebih dahulu menjadi suatu olahan buah carica.

Nah, biasanya buah carica banyak dijumpai dalam bentuk olahan.  Seperti manisan atau sirup carica, keripik carica, dodol buah carica dan juga selai buah carica. Namun, produk oleh – oleh khasnya adalah manisan carica atau sirup carica.

Saat anda berlibur atau sekedar berkunjung ke kota Wonosobo rasanya memang belum lengkap. Jika anda belum mencicipi olahan carica yang satu ini. yaitu manisan buah carica atau sirup buah carica. Jenis olahan ini cocok sekali anda bawa sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah sepulangnya dari Wonosobo. Selain memiliki rasa yang khas dan lezat, buah carica ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Makanya tak sedikit pula turis yang datang ke Wonosobo hanya untuk mencicipi buah khas Wonosobo tersebut.

Olahan Buah Carica

Bahkan pemasaran produk dari olahan buah carica ini, saat ini tela mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Pemerintah saat ini menggalakkan pemasaran untuk menembus seluruh pasar di Indonesia. Dan sebentar lagi juga akan menembus pasar ekspor. Dan salah satu produk olahan dari buah carica yang sudah terpercaya adalah carica sumbing segar. Produk dari carica sumbing segar ini telah banyak dipasarkan di seluruh Indonesia.

Biasanya manisan buah carica atau sirup buah carica di pasarkan dalam berbagai kemasan. Ada kemasan cup, botol, gelas kaca dan lain sebagainya. Dengan di beri label yang berbeda untuk setiap produsen. Hal tersebut untuk menambah keunikan dari tampilan manisan carica. Dan jangan sampai salah pilih, belilah yang berlabel carica sumbing segar.

Produk Carica Sumbing

carica sumbing

Carica sumbing segar ini merupakan salah satu produk dari Oafindo. Yang sudah terjamin kualitas dan kemanan pangannya. Di produksi dan di buat dengan menggunakan bahan – bahan pilihan. Menggunakan gula asli tanpa pemanis buatan. Dan telah tersertifikasi oleh pihak – pihak pendukung keamanan pangan.

Carica sumbing segar juga telah di pasarkan di seluruh Indonesia. Karena kami telah memiliki banyaj distributor di berbagai kota. Tunggu apalagi segera pesan carica sumbing segar dengan menghubungi admin kami. sekarang juga jangan sampai kehabisan stok.

2018-11-25T01:27:42+00:00kuliner|0 Comments

Leave A Comment