Gambar Buah Carica Dieng Khas Jawa Tengah

//Gambar Buah Carica Dieng Khas Jawa Tengah

Gambar buah carica sudah sangat banyak tersebar dan banyak pula yang mengetauinya. Maka dari itu masyarakat perlu mengetahui bagaimana budidaya buah carica. Untuk lebih membuat petani memahami tentang budidaya carica. Perlu media gambar serta pelatihan yang khusus untuk budidaya carica di daerah Dieng

Buah pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman yang cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. Pada umumnya, para petani menanam pepaya di tanah pekarangan atau tegalan. Di lahan pekarangan tanaman pepaya biasa ditanam di depan atau di samping rumah. Serta digunakan untuk mencukupi kebutuhan sayuran atau buah-buahan bagi keluarga.

Gambar Buah Carica Dieng

gambar buah carica

Bagi masyarakat Indonesia banyak mengetahui gambar buah carica melalui label gambar produk atau iklan internet. Ada juga sebagian dari kita tidak begitu mengenal buah yang satu ini. Buah Carica memang sulit ditemukan karena hanya tumbuh di dataran  dataran tinggi. Hal ini berarti bahwa buah Carica hanya tumbuh di daerah yang tinggi dan memiliki suhu dingin atau di  daerah pegunungan.

buah carica

Manfaat buah carica bagi kesehatan sangat besar sekali sehingga kita dapat memanfaatkannya. Buah yang ditemukan di Amerika ini di Indonesia sendiri hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Tetapi sebenarnya dengan penanganan khusus pada buah ini.

merk manisan paling enak

Ternyata dapat tumbuh di dataran rendah yang dibuktikan dengan pernah ditemukanya buah carica di kota Bali. Dengan begitu tidak heran jika sangat sulut untuk menemukan buah tersebut dibebrbagai toko ataupun supermarket diluar dataran tinggi Dieng.

Buah Carica di Indonesia

Gambar carica di indonesia

Buah Carica sering disebut dengan sebutan ‘Pepaya Gunung’ karena bentuk dan juga wujud  Pohonnya yang  hampir sama dengan Pepaya. Bentuk buahnya memiliki warna kuning yang terang begitupun dengan dagingnya dan inilah yang menjadi perbedaan selain letak tumbuhnya. Selain itu biji buah Carica lebih kecil dibandngkan dengan  biji buah Pepaya,  dan juga  mendekati seperti biji Markisa yang  berlendir.

Buah Carica memiliki getah yang cukup tebal dan harus dicuci sebanyak tiga kali terlebih dahulu sebelum dikonsumsi maupun diolah. Untuk menghindari getah tersebut, Masyarakat Wonosobo mengolahnya dengan menggunakan  sarung tangan agar tidak terkena getah. Hal itu disebabkan karena Sebab getah dalam buah Carica dapat menyebabkan gatal-gatal dan juga iritasi bila disentuh.

Buah Carica produksi Dataran Tinggi Dieng telah memasuki pasar internasional. Disekeliling jalanan Anda dapat meilihat pohon dari  buah carica jika berkunjung langsung ke Dieng. Selain itu kita juga dapat melihat langsung cara mengolah buah Carica menjadi berbagai macam makanan. Hal tersebut tentu bisa menciptakan kesan yang berbeda dalam liburan anda.

Budi daya Buah Carica

Komoditas buah-buahan merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki kontribusi besar dalam pengembangan pertanian di Indonesia. Buah-buahan adalah salah satu jenis cabang  yang mempunyai daya tarik tersendiri. Dengan rasanya yang segar dan khas, dan  perpaduan dari berbagai macam rasa dengan komposisi yang tepat. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkanya sebagai bahan dasar dalam pembuatan jus dan aneka produk makan lainya.

Aroma Buah Carica

Selain itu, setiap buah juga memiliki aroma dan warna spesifik berbeda, yang menjadi ciri khas bagi setiap jenis. Sebagai bahan pangan, buah mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan bahan pangan lainnya. Buah mempunyai kadar air, vitamin, mineral dan serat yang tinggi, tetapi mengandung, energi, lemak,dan karbohidrat yang rendah..

Buah carica ini termasuk dalam jenis  pepaya, meskipun begitu rasa buah ini sangat berbeda dengan pepaya. Hal itu disebabkan karena rasa buah ini merupakan  perpaduan dari buah mangga, nangka, jeruk, pepaya, dan beberapa buah lainnya. Tetapi yang perlu anda waspadai, daging buah ini tidak bisa dimakan secara langsung. Karena mengandung getah yang bisa menyebabkan gatal pada bibir.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena dengan pengolahan yang baik dan benar. Buah ini bisa berubah menjadi berbagai olahan yang  eksotik karena tidak ada buah yang bisa menyamai rasanya. Sayangnya belum banyak masyarakat yang tertarik dengan budidaya buah tersebut.

Oleh karenanya saat ini banyak pelatihan budidaya buah carica yang menggunakan gambar carica sebagai medianya. Dengan begitu maka pemahaman peserta pelatihan dapat lebih mudah untuk dipahami.

Tanaman Buah Carica

Agar dapat menghasikan tanaman dengan masa produksi yang baik, anda bisa menggunakan cara pemangkasan cabang. Yang harus dilakukan secara berkala sesuai kondisi dan kualitas buah pada cabang tersebut. Dari tunas-tunas baru tersebut akan menghasilkan buah yang lebih baik kualitas maupun kuantitasnya.

Perawatan tanaman secara rutin hanya dengan menggunakan pupuk kandang yang diberikan 6–12 bulan sekali. Dengan begitu usia tanaman ini bisa mencapai 20 tahun. Hal itu disebabkan karena carica mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap serangan virus yang biasanya menyerang pepaya. Budidaya tanaman ini dapat dengan cara tumpangsari.

Bukan hanya bermanfaat menjaga kelestarian tanah dan lingkungan di kawasan Dieng. Budidaya carica dengan teknik tumpangsari juga dapat meningkatkan pendapatan petani. Carica merupakan tanaman asli dari Indonesia yang berasal dari dieng jawa tengah.

Nama latin dari carica ini adalah carica pubescens. Dimana buah carica ini oleh masyarakat setempat diberi nama dengan pepaya gunung. Dari segi bentuk buah carica ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan buah pepaya pada umumnya.

Hanya saja yang membedakan antar buah carica dan buah pepaya adalah ukurannya. Yang mana buah carica memiliki ukuran yang lebih kecil dari buah pepaya. Rasa dari daging buah carica ini manis keasam- asaman saat matang. Sehingga banyak juga yang menjadikan buah carica sebagai manisan yang enak dan lezat rasanya.

Kandungan buah carica

Apabila anda disuguhkan beberapa gambar carica. Gambar daging buah yang bewarna kuninglah yang dikonsumsi. Gambar daging buah carica yang memiliki warna yang berwarna kuning ini. Kaya akan vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk menutrisi dari dalam. Berikut ini senyawa yang terdapat di dalam buah carica antara lain :

Vitamin Yang Ada Dibuah Carica Dan Kandungannya

  • A merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan mata.
  • B adalah sumber energi sehingga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.
  • C kaya akan manfaat untuk mencegah sariwan dan mencerahkan kulit.
  • E menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit menjadi mulus dan kenyal.
  • Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam usus.
  • Kalsium yang baik untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Manfaat Biji Carica

Ada beberapa manfaat biji carica yang belum banyak diketahui masyarakat. Buah carica didalamnya mengandung biji yang dipercaya mampu mencegah beberapa jenis penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari biji carica di bidang kesehatan yaitu:

  1. Mencegah kanker
  2. Melancarkan pencernaan
  3. Menyehatkan usus
  4. Baik untuk Mata

Itulah beberapa manfaat dari biji carica sebagai manfaat menyembuhkan dan mengatasi masalah kesehatan. Anda dapat mendapatkan buah ini lansung beserta juga dengan bijinya. Untuk mendapatkannya anda harus pergi dimana buah ini di budidayakan yaitu Dieng, Jawa tengah.

Baca Juga : Aneka Minuman Segar dari Buah Carica

Gambar buah carica memang sangat banyak ditemukan di media. Walaupun buah carica sangat langka dan hanya tumbuh di dataran tinggi. Masyarakat petani carica sangatlah penting mendapat pelatihan budidaya carica supaya lebih memahami lebih mendalam.

2017-09-02T11:46:37+00:00 carica|0 Comments

Leave A Comment